Home / Berita Selengkapnya / LAZ Al Azhar Kirimkan Tenaga Medis Untuk Korban Banjir Lebak

Ini Waktu Terbaik Untuk Kamu Tunaikan Zakat Fitrah!

Senin, 25 April 2022 14:00

Para ulama sepakat, bahwa zakat fitrah hukumnya wajib, sebab lebaran pada akhir bulan Ramadan bertujuan untuk menggembirakan fakir miskin dan pembersih diri dan jiwa diri kita. Ketentuan mengenai waktu utama membayar zakat fitrah adalah hal yang harus diperhatikan agar pembayaran zakat tidak melewati batas waktu sesuai syariat. Di bawah ini beberapa pembagian waktu beserta hukum mengeluarkan zakat fitrah yang harus diperhatikan. 


1. Waktu mubah membayar zakat terjadi ketika awal bulan hingga hari penghabisan Ramadan. 

2. Waktu wajib membayar zakat yakni ketika matahari mulai terbenam di hari terakhir Ramadan. 

3. Waktu sunah membayar zakat ketika sesudah salah subuh sebelum salat Idul Fitri. 

4. Waktu makruh membayar zakat ketika sesudah Idul Fitri dan sebelum terbenamnya matahari.

5. Waktu haram membayar ketika sudah terbenamnya matahari pada hari Idul Fitri. 


Waktu-waktu tersebut mengindikasikan bahwa kewajiban mengeluarkan zakat fitrah telah di tentukan pada setiap elemennya, namun kapan waktu terbaik mengeluarkan zakat fitrah tersebut? 


"Telah menceritakan kepada kami [Muslim bin Amru bin Muslim Abu Amru Al Khaddza' Al Madani] telah menceritakan aku [Abdullah bin Nafi' As Sha'igh] dari [Ibnu Abu Zannad] dari [Musa bin Uqbah] dari [Nafi'] dari [Ibnu Umar] bahwasanya Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wasallam memerintahkan untuk membayar zakat fitrah sebelum berangkat (ke tempat shalat) pada hari raya idul fitri. Abu 'Isa berkata, ini merupakan hadits hasan shahih gharib, atas dasar ini para ulama lebih menganjurkan untuk membayar zakat fitrah sebelum berangkat shalat." (HR. Tirmidzi: 613). 


Berdasarkan hadis di atas, waktu mengeluarkan zakat fitrah yang paling utama adalah sebelum manusia keluar menuju tempat Shalat Idul Fitri, dan boleh didahulukan satu atau dua hari sebelum hari raya Idul Fitri sebagaimana yang dilakukan Abdullah bin Umar ra. Adapun membayar zakat fitrah setelah selesai melaksanakan Shalat Idul Fitri, maka tidak sah, apabila hal demikian dilakukan akan disebut sebagai sedekah biasa. 


Jadi, yuk tunaikan zakat fitrah di waktu terbaik agar sesuai syariat dan pemberianmu dapat menumbuhkan kebahagiaan bagi penerima-penerimanya.

Baca Juga

Berita Lainnya